Source: http://amronbadriza.blogspot.com/2012/08/cara-membuat-link-bergoyang-di-blog.html#ixzz28xrWTRe3
ENO SOCIALIST "Keterasingan Dalam Kemunafikan"

Jumat, 23 Maret 2012

Friedrich Engels

Friedrich (Frederick) Engels lahir di Barmen, Prusia (sekarang Wuppertal, Jerman) 28 November 1820 dan meninggal di London, Inggris pada tanggal 5 Agustus 1895 pada usia yang ke 74 tahun. Pada saat itu merupakan perluasan industri metropolis, sebagai abak tertua dari produsen kapas kaya Jerman. Saat ia tumbuh hubungannnya dengan orang ruanya menjadi tegang karena kepercayaannya. Karena keluarga Engels keadaan putus sekolah tinggi dan pada usia 18 tahun di kirim untuk bekerja sebagai pegawai kantor non gaji di sebuah rumah komersial di Bremen, Jerman.
Selama tinggal Engels mulai membaca filsafat Hegel, yang ajarannya telah mendominasi filsafat Jerman pada saat itu. Pada bulan September 1838, Engels menerbitkan karya pertamanya, sebuah puisi berjudul badui itu, dalam Bremisches Conversationsblatt No. 40. Engels juga terlibat dalam karya sastra dan jurnalistik lainnya. Pada tahun 1941 Engels bergabung dengan tentara Prusia sebagai anggota artileri rumah tangga. Posisi ini memindahkan dia ke Berlin dimana Engels menghadiri kuliah di Universitas dan mulai bergaul dengan kelompok Hegelian muda. Engels anonim menerbitkan artikel dalam Rheinische Zeitung mengekspos kerja dan hidup pekerja kondisi di pabrik-pabrik harus menanggung. Editor Reinische Zeitung ialah Karl Marx. Namun, Engels pernah bertemu Karl Marx mereka memiliki pertemuan singkat akhir November 1842. Sepanjang hidupnya, Engels akan menunjukan bahwa ia berutang budi pada filsafat Jerman karena efeknya pada pengembangan intelektual sebuah kutipan yang luar biasa dari periode itu.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari kehidupan, anda harus aktif, dan anda harus hidup dan anda harus memiliki keberanian untuk mencicipi sensasi menjadi muda
(Friedrich Engels)

Tahun 1842, pada usianya yang ke 22 tahun Engels dikirim oleh orang tuanya ke Menchester, Inggris bekerja untuk Ermen dan Engels Victoria Mill dalam Weaste yang membuat benang jahit. Engels berfikir bahwa ayahnya bekerja di perusahaan Menchester mungkin membuat Engels mempertimbangkan kembali pendapat dia mengembangkan pada saat itu dalam perjalanan ke Menchester, Engels mengunjungi kantor Reinische Zeitung dan bertemu Karl Marx untuk pertama kalinya mereka tidak terkesan oleh satu sama lain. Marx keliru berfikir bahwa Engels masih berhubungan dengan Berliner Hegelian Muda, dengan siapa dia (Marx) baru saja patah.
Di Menchester Engels bertemu Mary Burns, seorang wanita pekerja sengit muda dengan pendapat radikal dengan siapa ia mulai sebuah hubungan yang berlangsung hingga kematiannya pada tahun 1862. dia tidak pernah menikah, karena keduanya terhadap lembaga pernikahan, yang Engels melihat sebagai tidak wajar dan tidak adil luka bakar di pandu Engels Menchester dan Salford melalui menunjukan kepadanya kabupaten terburuk untuk penelitian. Sementara di Menchester, Engels menulis karya pertama ekonominya. Artikel ini disebut ”Garis besar sebuah kritik ekonomi politik” dan di tulis antara Oktober dan November 1843. Engels di kirim artikel ke Paris dimana Marx diterbitkan dalam Deutsch Franzosische Jahbucher mana Marx sekarang penerbitkan di Paris. Engels juga menulis serangkaian artikel tiga bagian yang disebut ”kondisi Inggris” di bulan Januari, Februari dan Maret 1844.
Ketika mengamati daerah kumuh Menchester di dekat detailnya, Engels mengambil catatan dari kengerian ia mengamati terutama anak-anak tenaga kerja, lingkungan tercemar dan buruh terlalu banyak bekerja dan miskin. Dan dikirim kembali serangkaian artikel untuk Marx, pertama untuk publikasi dalam Rheinische Zeitung dan kemudian untuk publikasi dalam Deutsche Franscosische Jahbucher, mencatat kondisi antara kelas pekerja di Menchester. Engels kemudian akan mengumpulkan dan mempublikasikan dalam bukunya yang berpengaruh pertamanya, ”The condition class labour in English”. Buku ini ditulis antara September 1844 dan Maret 1845 dan telah dicetak dalam bahasa Jerman pada tahun 1845. dalam buku itu, Engels memberi jalan untuk pandangannya tentang ”Masa depan suram kapitalisme dan usia industri ” dan di jelaskan secara rinci, jalan setelah jalan, kemelaratan total yang orang bekerja hidup. Buku ini diterbitkan dalam bahasa Inggris pada tahun 1887.
Saat menulis itu, Engels melanjutkan keterlibatannya dengan jurnalisme dan politik yang radikal. Dia sering beberapa daerah juga sering di kunjungi oleh beberapa anggota tenaga kerja Inggris dan gerakan Chartist, siapa dia bertemu dan menulis untuk beberapa jurnal termasuk The Northern Star, New World Moral Robert Owen dan koran tinjauan Demokrat.
Setelah tetap produktif di Inggris, Engels memutuskan untuk kembali ke Jerman pada tahun 1844. dalam perjalanan, ia berhenti di Paris sejak Oktober 1843, menyusul pelarangan Rheinische Zeitung oleh otoritas Prusia Govermental pada bulan Maret 1843 di Paris. Marx dan Engels bertemu di Cafe de La Regence di Place Du Palais, 22 Agustus 1844. kedua menjadi teman dekat dan akan tetap demikian untuk seluruh hidup mereka. Pada akhir Mei 1845 Engels menerbitkan versi bahasa Inggris dari buku pertamanya sebuah kutipan :

Sebuah kelas yang menanggung semua kerugian dari tatanan sosial tanpa menikmati keuntungan siapa yang dapat menuntut bahwa seperti menghormati tatanan sosial kelas ini
(Friedrich Engels)

Engels tinggal di Paris, Prancis untuk membantu Marx menulis ”The Holy Family”. Keluarga kudus adalah serangan pada Hegelian Muda dan saudara-saudara Bauer dan diterbitkan pada akhir Februari 1845. Kontribusi Engels awal untuk bekerja Marx menulis kepada Deutsche Franscosische Jahbucher Jurnal, yang di edit oleh Mrx dan Arnold Ruge di Paris pada tahun 1844. Namun, sebagai Ruge tetap menjadi Hegelian Muda pada keyakinannya, Marx dan Ruge segera split dan Ruge meninggalkan Deutsche Franscosische Jahbucher meskipun demikian, bahkan setelah split, Marx tetap bersahabat cukup untuk Ruge bahwa Marx dikirim Ruge peringatan pada 15 januari 1845. Bahwa polisi Paris akan mengeksekusi perintah terhadap kedua Marx, Ruge dan yang lainnya di Deutsche Franscosische Jahbucher mengharuskan semua untuk meninggalkan Paris selama 24 jam. Marx sendiri diusir dari Paris  oleh otoritas Prancis pada tanggal 3 Februari 1845 dan menetap di Brussel, Belgia bersama istri dan satu anak perempuan.
Setelah meninggalkan Paris pada tanggal 6 September 1844, Deutsche Franscosische Jahbucher kembali ke rumahnya di Barmen Jerman untuk bekerja pada kondisinya kelas buruh Inggris, yang diterbitkan pada akhir Mei 1845. Publikasi buku, Engels pindah ke Brussel, Belgia pada kahir April 1945, untuk berkolaborasi dengan Marx di buku lain ideologi Jerman meskipun tinggal di Barmen, Jerman. Engels mulai membuat kontak denagn sosialis di Rhineland untuk mengumpulkan uang dalam upaya publikasi Marx di Brussel, Belgia. Namun, kontak-kontak ini menjadi lebih penting baik segabai Marx dan Engels mulai mengoragnisasikan politik bagi Partai Pekerja Jerman.
Dari tahun 1845 samapi tahun 1848 Engels dan Marx tinggal di Brussel, menghabiskan banyak waktu mereka mengorganisir pekerja Jerman Kota. tak lama setelah kedatangan mereka, mereka menghubungi dan bergabung dengan liga Jerman bawah tanah komunis. Liga Komunis adalah organisasi penerus liga lama yang adil yang telah didirikan pada tahun 1837, namun baru-baru ini dibubarkan. Dipengaruhi oleh Wilhelm Weitling, Liga Komunis masyarakat internasional proletariat revolusioner dengan cabang di berbagai kota-kota eropa.
Liga Komunis juga memiliki kontak dengan organisasi bawah tanah konspirasi Louis Auguste Blanqui. Teman lama seperti George Friedrich Herwegh yang telah bekerja dengan Marx di Rheinsche Zeitung, Heinrich Heine penyair terkenal, seorang dokter muda bernama Roland Daniels, Heinrich Burger dan August Herman Ewerbeck semua memelihara kontak mereka dengan Marx dan Engels di Brussel, Belgia. George Weerth yang telah menjadi teman Engels di Inggris pada tahun 1843 kini menetap di Brussel. Karl Wallau dan Stephen (yang nama aslinya adalah Simon Buttermilch) keduanya typesetters imigran Jerman yang menetap di Brussel untuk membantu Marx dan Engels dengan pekerjaan mereka di Liga Komunis.
Selain itu, Marx dan Engels membuat banyak kontak baru yang penting melalui liga Komunis. Salah satu yang pertama adalah Wilhelm Wolff, yang segera menjadi salah satu kolabolator Marx dan Engels terdekat. Lainnya adalah Joseph Weydemeyer dan Ferdinand Freiligrath, seorang penyair revolusioner yang terkenal. Sementara sebagaian besar rekan Marx dan Engels adalah imigran Jerman yang tinggal  di Brussel, beberapa rekan yang baru juga ada di belgia. Philipe Gigot, seorang filsuf Belgia dan Victor Tedesco, pengacara dari Liege baik bergabung dengan Liga komunis. Loachim lelewel seorang sejarawan Polandia terkemuka dan peserta dalam pemberontakan Polandia 1830-1831 juga rekan Marx dan Engels di Liga Komunis di tugaskan untuk menulis sebuah pamflet yang menjelaskan prinsip-prinsip komunisme. Hal ini menjadi Manifesto Partai Komunis, lebih di kenal sebagai Manifesto Komunis, ini adalah pertama kali di terbitkan pada tanggal 21 Februari 1848 dan di akhiri dengan frase terkenal dunia.

Biarkan kelas penguasa gemetar sebuah revolusi komunis. Kaum proletar tidak akan rugi, tapi rantai mereka. Mereka memiliki dunia untuk menang... pria kerja semua negara, Unite !
(Manifesto Komunis)

Dalam Rangak membantu Marx dengan upaya penerbitan baru di London,  Engels mencari cara untuk melarikan diri berdua dan perjalanan ke London. Pada tanggal 5 Oktober 1849, Engels tiba di kota pelabuhan Genoa Italia. Engels di pesan bagian tentang sekunar Inggris, Cornish Berlian di bawah komando kapten Stevens perjalanan di Mediterraean Barat, sekitar semenanjung Liberia dengansekunar berlayar dalam waktu sekitar 5 minggu. Namun, akhirnya pada 10 November 1849 Diamond Cornish berlayar ke sungai Thames ke London dengan Engels di papan tulis. Setelah sampai ke Inggris, Engels memutuskan untuk masuk kembali ke perusahaan Menchester dimana ayahnya memiliki saham, agar dapat mendukung secara financial Marx sehingga ia bisa bekerja pada karya ”Das Kapital ”. Engels tidak menyukai pekerjaan, tetapi melakukannya untuk kebaikan.
Tidak seperti pertama kali dia tinggal di Inggris pada 1843, saat ini Engels di bawah pengawasan dari Polisi rahasia dan memiliki resmi rumah dan tidak resmi rumah semua atas Menchester kota tempat dia tinggal dengan Maria, luka bakar dengan nama palsu untuk membingungkan polisi. Meskipun karyanya di pabrik, Engels menemukan waktu untuk menulis perang revolusioner petani pada tahun 1525. karya ini berjudul perang tani Jerman. Engels juga menulis beberapa artikel surat kabar penting seperti kampanye untuk konstitusi kekaisaran Jerman yang ia selesaikan pada bulan Februari 1850. dan pada slogan penghapusan dari negara dan Friends of Anarchy Jerman ditulis dalam Oktober 1850. pada bulan April 1851, Engels menulis pamflet ”kondisi dan prospek perang dari aliansi kudus melawan Prancis”.
Pada tahun 1870, Engels pindah ke London, Inggris dimana ia dan Marx tinggal sampai kematian Marx pada tahun 1883. di London rumah nya pada saat ini dan sampai kematiannya adalah 122 Bupati Park Road, Primrose Hill, NW1. Pertama Marx di London tinggal adalah sebuah apartemen sempit di 28 Dean Street, Soho. Dari 1856, ia tinggal di 9 Grafton Teras, Knetish Town, dan kemudian di rumah petak di 41 Maitland Park Road dari 1875 samapi kematiannya.
Engels meninggal karena kanker tenggorokan di london pada tahun 1895 setelah kremasi di Krematorium Woking, abunya tersebar dari kepala Beachy, dekat Eastbourne seperti yang telah di minta

Tidak ada komentar: