Source: http://amronbadriza.blogspot.com/2012/08/cara-membuat-link-bergoyang-di-blog.html#ixzz28xrWTRe3
ENO SOCIALIST "Keterasingan Dalam Kemunafikan"

Jumat, 23 Maret 2012

Perbadingan Sistem Ekonomi Sosialis dengan Kapitalis



Sistem Ekonomi Sosialis
Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Sosialis
1.     Lebih mengutamakan kebersamaan (kolektivitas)
-          Masyarakat dianggap sebagai satu-satunya kenyataan sosial, sedangkan individu-indiviud fiksi belaka.
-          Tidak ada pengakuan atas hak-hak pribadi (indiviud) dalam sistem sosialis.
2.    Peranan pemerintah sangat kuat
-          Pemerintah bertindak aktif mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga tahap pengawasan
-          Alat-alat produksi dan kebijaksanaan ekonomi semuanya diatur oleh negara.
3.    sifat manusia ditentukan oleh pola produksi
-          Pola produksi (aset di kuasai masyarakat) melahirkan kesadaran kolektivisme (masyarakat sosialis)
-          Pola produksi (aset dikuasai individu) melahirkan kesadaran individualisme (masyarakat kapitalis)

Kebijakan Sistem Ekonomi Sosialis
1.     Disediakannya kebutuhan pokok setiap warga negara. Disediakan kebutuhan pokok, termasuk makanan dan minuman, pakaian, rumah, kemudahan fasilitas kesehatan, serta tempat dan lain-lain. Setiap individu mendapatkan pekerjaan dan orang yang lemah serta orang yang cacat fisik dan mental berada dalam pengawasan  negara.
2.    Didasarkan perencanaan negara semua pekerjaan dilaksanakan berdasarkan perencanaan negara yang sempurna, diantara produksi dengan penggunaannya. Dengan demikian masalah kelebihan dan kekurangan dalam produksi seperti yang berlaku dalam sistem ekonomi kapitalis tidak akan terjadi.
3.    Produksi dikelola oleh negara semua bentuk produksi dimiliki dan dikelola oleh negara, sedangkan keuntungan yang diperoleh akan digunakan untuk kepentingan-kepentingan negara.
4.    Kelebihan sistem ekonomi sosialis, kebaikan ekonomi campuran. Kelebihan dan kekurangan sistem ekonomi campuran, kelebihan sistem ekonomi kapitalis. Kelebihan dan kekurangan sistem ekonomi islam, kebaikan sistem ekonomi sosialis. Kelebihan dan kekukarangan sistem ekonomi kapitalis, kebaikan sistem ekonomi sosialis. Kelebihan sosialime, kelebihan sistem ekonomi terpusat.

Kelemahan Sistem Ekonomi Sosialis
1.     Sulit melakukan transaksi tawar-menawar sangat sukar dilakukan oleh individu yang terpaksa mengorbankan kebebasan pribadinya dan hak terhadap harta milik pribadi hanya untuk mendapatkan makanan sebanyak dua kali. Jual beli sangat terbatas, demikian pula masalah harga juga ditentukan oleh pemerintah, oleh karena itu stabilitas perekonomian negara sosialis lebih disebabkan tingkat harga ditentukan oleh negara, bukan ditentukan oleh mekanisme pasar.
2.    Membatasi kebebasan sistem tersebut menolak sepenuhnya sifat mementingkan diri sendiri, kewibawaan individu yang menghambatnya dalam memperoleh kebebasan berfikir serta bertindak, ini menunjukan secara tidak langsung sistem ini terikat kepada sistem ekonomi diktator. Buruh dijadikan budak masyarakat yang memaksanya bekerja seperti mesin.
3.    Mengabaikan pendidikan moral dalam sistem ini semua kegiatan diambil alih untuk mencapai tujuan ekonomi, sementara pendidikan moral individu diabaikan. Dengan demikian, apabila pencapaian kepuasan kebendaan menjadi tujuan utama dan nilai-nilai moral tidak diperhatikan lagi.
 

Sistem Ekonomi Kapitalis
Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Kapitalis
1.     Pengakuan yang luas atas hak-hak pribadi. Pemilikan alat-alat produksi di tangan individu. Individu bebas memilih pekerjaan/usaha yang dipandang baik bagi dirinya.
2.    Perekonomian diatur oleh mekanisme pasar. Pasar berfungsi memberikan signal kepada produsen dan konsumen dalam bentuk harga-harga. Campur tangan pemerintah diusahakan sekecil mungkin.
3.    Manusia dipandang sebagai bentuk mahluk homo economicus, yang selalu mengejar kepentingan (keuntungan) sendiri. paham individualualisme didasarkan materialisme, warisan zaman Yunani Kuno (yang disebut hedonisme)

Kebaikan-kebaikan Sistem Ekonomi Kapitalis
1.     Lebih efesien dalam memanfaatkan sumber-sumber daya dan distribusi barang-barang.
2.    Kreativitas masyarakat menjadi tinggi karena adanya kebebasan melakukan segala hal yang terbaik dirinya.
3.    Pengawasan politik dan sosial minimal, karena tenaga, waktu dan biaya yang diperlukan lebih kecil.

Kelemahan-kelemahan Sistem Ekonomi Kapitalis.
1.     Tidak ada persaingan sempurna, yang ada persaingan tidak sempurna dan persaingan monopolistik.
2.    Sistem harga gagal mengalokasikan sumber-sumber secara efesien, karena faktor-faktor eksternalitas (tidak memperhitungkan yang menekan upah buruh dan lain-lain)
3.    Kecenderungan bisnis dalam sistem ekonomi kapitalis. Perkembangan bisnis sangat dipengaruhi oleh sistem ekonomi yang berlaku, Kecenderungan adalah :
-          adanya spesialisasi
-          adanya produksi masa
-          adanya perusahaan berskala besar
-          adanya perkembangan penelitian.   

Tidak ada komentar: