Source: http://amronbadriza.blogspot.com/2012/08/cara-membuat-link-bergoyang-di-blog.html#ixzz28xrWTRe3
ENO SOCIALIST "Keterasingan Dalam Kemunafikan"

Jumat, 23 Maret 2012

Pertanyaan Tentang Sosialis


Untuk mengetahui pertanyaan-pertanyaan dimasyarakat tentang apa sih sosialisme itu yang sebenarnya di dalam kehidupan dunia ini, disini penulis akan memberikan suatu gambaran tentang paham dari sosialisme.

Apakah Sosialisme anti Agama ?
Tidak ... !!!
Sosialisme tidak anti agama. Agama adalah urusan setiap pribadi dan setiap orang  bebas untuk menentukan kepercayaannya, termasuk untuk tidak percaya pada suatu kepercayaan sekalipun. Sejak kecil kita sudah diajarkan di sekolah bahwa agama adalah hubungan paling personal antar individu dengan Tuhannya, karean itu tidak ada orang yang dapat mengatur, menentukan, dan mengendalikan hubungan itu. Yang tidak diinginkan adalah keadaan dimana manusia menjadi diperbudak oleh agamanya, manusia menjadi lupa tentang hidupnya sebagai manusia di bumi, lupa akan permasalahan sosial yang melanda kehidupannya dan kehidupan sesamanya dan hanya ingat untuk mengejar surga. Akibatnya seseorang menjadi pasifis, seseorang tidak peduli pada keadaan sosialnya, masyarakat menajdi semakin mudah dieksploitasi oleh orang-orang yang berkuasa secara politik dan ekonomi.
Karl marx mengatakan bahwa agama adalah candu masyarakat, Marx juga mengatakan agama adalah keluhan para mahluk tertindas.  Disinilah hal ini berlaku, agama menjadi semacam penghiburan bagi masyarakat yang tertindas oleh sistem menajdi pelarian dan pelampiasan segala beban kehidupan yang dihasilkan dari penindasan secara ekonomi dan politik. Tetapi candu ini menjadi berbahaya ketika manusia semakin larut berputar-putar  didalamnya, manusia melupakan permasalahan sebenarnya bahwa masyarakat tertindas oleh sistem dan cenderung terus menerus berkutat di permasalahan surga neraka.
Dalam beberapa kasus, masyarakat bukan hanya larut dalam urusan surag-neraka melainkan menjadi fanatik terhadap agama. Muncul kebencian terhadap kepercayaan lain, bahkan mewujudkan kebencian itu dalam tindakan nyata. Hal ini semakin menguntungkan pihak penguasa politik dan ekonomi. Fanatisme bahkan dapat digunakan dengan sengaja oleh penguasa untuk menciptakan konflik antar kepercayaan. Masyarakat tertindas semakin larut dalam urusan agama dan tidak lagi peduli pada kehidupan nyata dan permasalahan-permasalahn sosialnya dan kemudian mereka menjadi terpecah belah berdasarkan agama. Semakin jauh usaha untuk memperbaiki kehidupan sosial, apalagi usaha untuk merombak sistem penindas.
Karena itu masyarakat harus dibangunkan dari tidur panjangnya, setiap orang bebas beragama tetapi setiap orang juga harus memperjuangkan kehidupan nyatanya yang benar-benar ada di depan mata saat ini, memperjuangkan kehidupan yang lebih baik dan membongkar sistem penindasan yang sekarang berkuasa.

Apakah Sosialisme mempunyai Moralitas
Tentu saja !
Agama adalah sumber standar moralitas yang utama, alat penentu kebaikan dan kebenaran pada masyarakat kita, baik benar atau salah ditentukan dengan membandingkannya dengan apa yang dikatakan oleh agama. Apa yang dikatakan oleh tokoh-tokoh agama , apa yang tertulis dalam buku-buku agama. Tetapi moralitas agama tidak akan mungkin berlaku benar-benar universal pada kehidupan manusia karena ada berbagai macam agama dan tiap agama memiliki standar-standar moralitasnya masing-masing yang walaupun masih ada titik temunya tetap akan terdapat perbedaan antara satu dengan yang lainnya. Tidak mungkin dan tidak adil untuk menilai benar atau salah perbuatan seorang beragama A dengan standar moralitas agama B. Lebih lagi di masa sekarang, seringkali agama telah digunakan oleh pihak yang berkuasa sebagai tameng, sebagai pengekang, dan sebagai alat pemecah-belah untuk melemahkan perjuangan sosial kelas tertindas membuat mereka terbuai mimpi indah surgawi setelah mati nanti. Orang yang melawan dan berontak terhadap penguasa dikatakan tidak bermoral dan dianggap tidak sesuai dengan ajaran agama yang mengajarkan manusia harus selalu bisa menerima keadaan, menerima takdir dan menganggap kesulitan hidups ebagai cobaan tuhan.
Moral dan tolak ukur kebaikan dan kebenaran telah ditentukan oleh penguasa. Apa-apa yang dapat membahayakan penguasa adalah tidak bermoral, jahat dan salah; sementara apa yang mendukung dan memperkuat posisi penguasa adalah bermoral, baik dan benar. Standar moral yang gila seperti ini tidak dapat terus menerus digunakan jika manusia memang ingin melepaskan diri dari lingkaran setan penindasan dan eksploitasi. Karena itu sosialisme-komunisme meletakan standar moralnya bukan kepada agama tetapi kepada kemanusiaan itu sendiri. Adalah tidak bermoral untuk merampas hasil pekerjaan orang lain. Adalah tidak bermoral untuk mengeksploitasi nafsu konsumerisme orang lain, menindas pemikiran dan perjuangan, menindas pemikiran dan perjuangan, menggusur tempat hidup dan tempat mencari nafkah, membunuh orang lain. Adalah tidak bermoral untuk mendiskriminasikan orang lain berdasarkan jenis kelamin, ras, dan agama. Adalah tidak bermoral untuk menekan upah buruh seminim mungkin dan memecat mereka demi mencapai profi tertinggi. Adalah tidak bermoral untuk menempatkan PROFIT di atas KEMANUSIAAN dan lain-lain. Itu adalah contoh-contoh moralitas dalam sosialisme. Kita mempunyai moral, yang tampaknya jauh lebih bermoral (bahkan bertolak belakang) dari standar moral para kapitalis.
Kaum kapitalis adalah pengguna standar ganda. Mereka menggunakan standar moral yang tinggi sekali bahkan menggunakan standar moral agama ketika menilai perbuatan manusia pada umumnya. Karena itu perbuatan menentang penguasa, ide untuk merombak dan memberontak dari keadaan hidup yang sulit dan melarat mereka anggap sebagai salah, tidak baik, dan tidak bermoral. Tetapi sementara itu mereka akan menggunakan standar moral lain lagi ketika segala perbuatan-perbuatan tidak bermoral mereka mulai bersinggung (penghisapan, penindasan, eksploitasi, dan berbagai macam hal yang dilakukan oleh kaum kapitalis terhadap kelas pekerja dan masyarakat melarat). Dalam membela tindakan tidak bermoral yang dilakukannya, kapitalis menggunakan dalih-dalih semaca ”merampok atau dirampok”, ”makan atau dimakan”, ”hukum alam”, ”yang kuat, yang menang”, ”hidup itu keras”, dan berbagai macam dalih dan alasan lainnya. Tetapi kita kaum sosialis menjawab.

Bukanlah akan lebih baik kalau manusia dapat hidup bersama-sama dalam kesataraan? Mengolah alam ini bukan untuk profit segelintir orang, melainkan untuk pemenuhan keperluan dan kebutuhan bersama-sama? Mengambil dari tiap orang sesuai kemampuannya dan memberikan kepada setiap orang sesuai keperluannya? Bukanlah lebih baik kalau tidak perlu ada yang merampok dan dirampok? Bukanlah lebih baik kalau dunia ini diabadikan bukan untuk profit, melainkan untuk kemanusiaan”. 
( Kaum Sosialis)

Sosialisme : sama rata sama rasa ?
Salah besar
Umumnya pengertian orang tentang sosialisme adalah seperti judul dari tulisan ini ”sama rata sama rasa”. Penegrtian ini dikutuk serendah-rendahnya hingga dari manusia pada dasarnya memang berbeda-beda, ingin membuat manusia menjadi sama adalah mengingkari kodratnya, menentang Tuhan, dan segala macam alasan lainnya yang dilontarkan. Kemudian dilanjutkan pula dengan alasan; bahwa manusia melakukan usaha yang berbeda-beda dalam hidupnya sehingga hasil yang didapatkannya pun berbeda.
Tujuan dari tulisan ini adalah mencoba untuk meninjau kembali aapa yang salah dengan sebuah cita-cita sama rata sama rasa?. Manusia sejak dilahirkan pada dasarnya memang berbeda-beda satu dengan yang lainnya, tidak ada manusia yang benar-benar serupa. Tetapi hal ini sama sekali tidak menjadi alasan bagi manusia untuk semakin membeda-bedakannya. Pada kenyataannya saat ini, manusia berbeda bukan hanya dari apa yang ia dapatkan ketika terlahir di dunia sebagai manusia. Kehidupan telah semakin memecah-mecahkannya menjadi manusia-manusia dengan derajat kemanusiaan yang berbeda, hal ini ditentukan oleh keadaan ekonomi dan politik seseorang. Siapa yang unggul dalam ekonomi atau politik, maka ia akan mendapatkan status sosial yang baik, dihormati, dan derajat yang tinggi.
Kita dapat saja mengatakan menurut ini dan menurut itu walaupun tingkat ekonomi dan politik berbeda-beda, pada dasarnya manusia memiliki derajat yang sama. Tetapi cobalah lihat dan sadari kenyataannya, tingkat ekonomi manusia telah sama sekali mengubah manusia yang seharusnya sederajat menjadi manusia yang memiliki berbagai tingkatan. Dari hubungan yang wajar antara buruh dan majikan kita sudah dapat melihat, tidak mungkin terdapat kesetaraan di dalam hubungan tersebut. Walaupun sering kali dikatakan bahwa hubungan yang terjadi antara buruh dan majikan adalah setara, pada kenyataannnya bagaimanapun majikan tetap mempunyai hak untuk menentukan upah, hak untuk memecat, hak untuk menentukan produksi, hak menentukan tingkat keuntungan, hak untuk menutup perusahaan, hak untuk menentukan jam kerja dan sejuta hak lainnya. Sementara buruh hanya memiliki kewajiban untuk bekerja menghasilkan profi bagi majikan sementara yang ia sendiri dapatkan hanya upah untuk dapat terus menyambung hidup. Lebih terlihat lagi ketika terjadi pelecehan seksual yang dilakukan terhadap kaum buruh perempuan yang sering terjadi di pabrik-pabrik hingga hari ini. Pemecatan sewenang-wenang, pemotongan upah, penolakan kenaikan upah, dan lain-lain.
Contoh lain, bagaimana tidak akan terjadi hubungan yang sederajat antara petani upahan dengan pemilik tanah. Petani upahan hanya bisa bekerja sebagai buruh tani atau buruh perkebunan yang mendapatkan upahnya dari hasil memeras keringat, tidak ada hak-hak apapun pada mereka. Bahkan sering kali terjadi manusia tidak lagi berharga dan bermartabat karena bahkan untuk bertahan tetap hidup pun sulit. Banyak kita temukan orang-orang yang harus merendahkan derajat mereka sedemikian rupa dengan cara mengemis agar dapat bertahan hidup. Keadaan ekonomi telah membuat manusia-manusia tertentu harus dengan terpaksa menjual anaknya menjadi buruh pabrik, pekerja seksual, atau pekerja di atas jermal yang kemudian menerima kekerasaan fisik dan seksual. Karena keadaan ekonomi juga ada orang-orang yang menggadaikan moralnya untuk menjadi maling kampung.
Intinya, keadaan ekonomi menentukan kehidupan seperti apa yang dinikmati seseorang. Semakin tinggi keadaan ekonominya, maka ia akan memiliki lebih banyak hak-hak yang juga menentukan kehidupan orang lain. Semakin banyak pula fasilitas yang akan ia mendapatkan dalam hidup, pendidikan, kesehatan, tempat tinggal, makan, keamanan, status sosial, dan semua itu pada akhirnya menentukan derajat seseorang.
Tentang politik, tidak perlu kita katakan lagi bagaimana status politik seseorang membuatnya memiliki derajat yang lebih tinggi. Kita dapat melihatnya dalam kehidupan sehari-hari, dan sesungguhnya ada hubungan erat antara tingkat ekonomi dan status politik seseorang, terjadi hubungan saling mendukung pada perekonomian. Semakin tinggi tingkat perekonomian seseorang semakin berpengaruh ia dalam politik (walaupun tidak secara resmi). Demikian pula sebaliknya, semakin kuat status politik seseorang akan semakin terbuka lebar akasesnya pada perekonomian.
Kita dapat melihat ekonomi dan politiklah yang menjadi akar masalah. Karena kedua hal itu perkataan bahwa manusia sederajat tinggal menjadi omong kosong belaka. Padahal keadaan ekonomi dan politik adalah ciptaan manusia, bayi manusia yang baru lahir ke dunia tidak membawa keadaan ekonomi dan politik di tubuhnya. Manusia yang memacah-mecah diri sendiri menjadi tingkatan-tingkatan yangbberbeda-beda. Walaupun pada dasarnya manusia berbeda-beda, sekali lagi hal ini bukan menjadi alasan baginya untuk semakin membeda-bedakan manusia berdasarkan tingkat ekonomi dan politik.


















Tidak ada komentar: